STUDI EKSPERIMEN PERILAKU STRUKTUR PERKERASAN KAKU

Main Article Content

Iman Ruchiyat

Abstract

Ruas jalan Tol Purbaleunyi khususnya Km 78+200 yang dijumpai beberapa pelat beton yang mengalami kerusakan terutama jenis kerusakan retak memanjang, retak melintang dan retak sudut yang menerus dari permukaan sampai dasar pelat beton. Perbaikan terhadap jenis kerusakan tersebut adalah dengan mengganti pelat beton/ full depth repair dengan pelat beton yang baru.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku pelat beton sebagai suatu bagian dari suatu struktur perkerasan kaku yang diletakan diatas berbagai variasi tanah dasar yang sudah mengalami stabilisasi termasuk tanah dasar eksisting.
Perilaku struktur perkerasan diperlihatkan oleh kinerja struktural yaitu penurunan/ lendutan, regangan dan beban maksimum pada saat pelat beton tersebut mengalami kehancuran. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa perilaku pelat beton untuk parameter lendutan maksimum relatif mengalami
penurunan. Lebih jauh untuk parameter beban diperoleh hasil untuk tanah dasar variasi II, III dan IV berturut-turut sebesar 73,47 kN, 83,25 kN, dan 93,50 kN terhadap variasi I sebesar 42,23 kN. Peningkatan beban tersebut sangat signifikan dalam kisaran 174% sampai dengan 221%. Dan regangan yang terjadi baik untuk variasi I, II, III dan IV dalam kisaran 0,0032 sampai dengan 0,0034

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ruchiyat, I. (2018). STUDI EKSPERIMEN PERILAKU STRUKTUR PERKERASAN KAKU. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 20(1). https://doi.org/10.35313/potensi.v20i1.1004
Section
Articles