ANALISIS PENGARUH BEBAN LEBIH TERHADAP UMUR PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN KAPTEN TENDEAN KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.35313/potensi.v25i2.4449Keywords:
Jalan Raya, Umur Perkerasan, Muatan Berlebih, Faktor Kerusakan, Sisa Usia PerkerasanAbstract
Selama ini, hampir 90 % aktivitas lalu lintas dan angkutan barang bertumpu pada poros jalan raya. Cepatnya mobilitas daripada moda lain dan murahnya biaya menjadi alasan. Namun tidak sedikit kendaraan yang membawa muatan berlebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurangan umur perkerasan jalan yang sudah direncanakan dari tahun 2021 menuju 10 tahun ke depan. Metode pengumpulan data adalah hasil survei golongan kendaraan yang kemudian dianalisis sehingga mendapat CESA normal dan overload serta dapat diketahui sisa usia perkerasan jalan akibat muatan berlebih. Kebutuhan jalan di Indonesia didominasi oleh jalan daerah sehingga harus memberikan terbaik bagi pengguna jalan. Sementara kondisi perkerasan jalan di Provinsi Jawa Timur tahun 2021 bahwa kondisi perkerasan jalan sedang 21,06 %, kondisi rusak ringan 5,76 %, dan kondisi rusak berat 2,12 %. Hasil analisis damage factor dari setiap jenis kendaraan yang melintas, dapat diketahui perhitungan muatan normal dan muatan berlebih (overload), juga dapat mengetahui umur rencana jalan. Hasil analisis yaitu kumulatif daya rusak semua jenis kendaraan kondisi normal sebesar 13,425.724 ESAL sedangkan pada kondisi overload sebesar 22,680.203 ESAL. Ruas Jalan Kapten Tendean Kota Kediri yang seharusnya 10 tahun pada awal perencanaan, menjadi lebih singkat yaitu 6,8 tahun karena mengalami penurunan usia perkerasan sebesar 3,2 tahun.
Downloads
References
A. Almufid, “Perencanaan Geometerik Jalan Agar Mencapai Kenyamanan dan Keamanan Bagi Penggunaan Jalan Sesuai Undang -Undang No.38 tahun 2012 Tentang Jalan,†Jurnal Dinamika UMT, vol. 1, no. 2, 2016, Doi: 10.31000/dinamika.v1i2.576.
A. Suraji, A. T. Sudjianto, C. Aditya, and R. Riman, “Karakteristik Arus Lalu Lintas pada Ruas Jalan Caruban-Ngawi dan Proporsi Kendaraan Berat Selama 24 Jam Pengamatan,†in APTW, 2017, no. August, pp. 1–8, [Online]. Available: https://atpw.wordpress.com/makalah-seminar/prosiding-atpw-2013/%0A%0A.
R. Martina, S. M. Saleh, and M. Isya, “Kajian beban aktual kendaraan pada konstruksi jalan menggunakan weigh in motion (WIM),†Jurnal Teknik Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 701–714, 2018, Doi: 10.24815/jts.v1i3.10029.
B. Dwindra, A. Mudianto, and H. Purwanti, “Pengaruh beban berlebih terhadap umur rencana jalan (studi kasus Ruas Jalan Simpang Pematang Mesuji Lampung),†Journal Online Mahasiswa Bidang Teknik Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2018, [Online]. Available: https://jom.unpak.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/1216.
K. S. Anwar, O. Z. Tamin, and Najid, “Analisis Pengaruh Kendaraan Over Dimension Overload (Odol) Terhadap Perkerasan Jalan,†in FSTPT ITERA, 2020, pp. 461–467, [Online]. Available: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/677.
I. Iskahar, S. Anjarwati, and L. O. Rejeki, “Pengaruh Beban Berlebih Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Jenderal Soedirman Sokaraja),†CIVeng: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, vol. 2, no. 2, pp. 75–86, 2021, Doi: 10.30595/civeng.v2i2.11059.
A. Suraji, A. T. Sujianto, and R. Riman, “Analisis Perbandingan Nilai Cesa Kendaraan Berat,†in Ciastech, 2018, pp. 530–537, [Online]. Available: https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/662/614.
I Dewa Made Alit Karyawan, Hasyim, and K. Faqihi, “Penurunan Masa Pelayanan Jalan Akibat Kendaraan Dengan Beban Berlebih,†PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, vol. 10, no. 1, pp. 56–69, 2021, Doi: 10.22225/pd.10.1.2292.56-69.
O. J. Hendra, V. T. Haris, and H. Rahmat, “Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menurut Bina Marga Dan Alternatif Penanganannya (Studi Kasus Ruas Jalan Utama Bunsur – Mengkapan),†Jurnal Teknik, vol. 16, no. 1, pp. 58–66, 2022, Doi: https://doi.org/10.31849/teknik.v16i1.9380.
A. A. Rahman, A. Suraji, and M. Cakrawala, “Analisis Perbedaan Struktur Perkerasan Jalan Menggunakan Beban Sumbu Standar Dan Beban Sumbu Riil,†Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Lingkungan BOWPLANK, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021.
A. Refi, A. Roza, and D. D. Murni, “Dampak Kelebihan Muatan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan,†Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, vol. 17, no. 2, pp. 121–133, 2020.
P. A. Safitra, T. K. Sendow, and S. V Pandey, “Analisa Pengaruh Beban Berlebih Terhadap Umur Rencana Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Manado - Bitung),†Jurnal Sipil Statik, vol. 7, no. 3, pp. 319–328, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/23382/23074.
J. M. Ximenes, A. Suraji, and A. T. Sudjianto, “Analisis Faktor Beban Sumbu Kendaraan Berat Truk Pengangkut Pasir Dengan Quarry Di Lumajang,†in The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021), 2021, no. Ciastech, pp. 463–472, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3342%0D%0A.
M. Khoironi, “Analisa Pengaruh Beban Muatan Kendaraan Berlebih Terhadap Umur Perkerasan Jalan Gusig–Sp3 Blusuh,†Kurva S Jurnal Mahasiswa, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/4456/4323.
W. Jaya, D Despa, and S Waluyo, “Pengaruh Kendaraan Bermuatan Lebih (Overloading) Terhadap Umur Rencana Jalan,†in Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran, 2021, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, [Online]. Available: snip.eng.unila.ac.id.
F. Yudaningrum and I. Ikhwanudin, “Identifikasi Jenis Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kedungmundu-Meteseh),†Teknika, vol. 12, no. 2, pp. 16–23, 2017, Doi: 10.26623/teknika.v12i2.638.
I. Wirnanda, R. Anggraini, and M. Isya, “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama Dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi),†Jurnal Teknik Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 617–626, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JTS/article/view/10000/7892.
A. Suraji, A. T. Sudjianto, R. Riman, and C. Aditya, “Pengaruh Beban Lebih (Overload) Kendaraan Berat Terhadap Faktor Ekivalen Beban (VDF) Pada Ruas Jalan Caruban-Ngawi,†in Seminar Nasional II Teknik Sipil, 2016, no. 2011, pp. 104–113.
I. Handayasari and R. D. Cahyani, “Pengaruh Beban Berlebih Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno Hatta Palembang),†KILAT, vol. 5, no. 1, pp. 25–32, 2016, Doi: 10.33322/kilat.v5i1.676.
O. Trindade, A. Suraji, and M. Cakrawala, “Analisis Pengaruh Beban Sumbu Kendaraan Niaga Pada Kondisi Beban Normal Terhadap Perkerasan Di Ruas Jalan Malang-Surabaya,†in Ciastech, 2020, pp. 929–936, [Online]. Available: https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1991.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All papers published in Potensi: Jurnal Sipil Politeknik are under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution-ShareAlike License.
All submitted papers must be original. Works that have been published are not under consideration for publication in other proceedings or scientific journals. Authors are responsible for obtaining all necessary permissions to reproduce tables, figures, and images. The paper must not contain defamation and must not violate any other rights of third parties.
Authors agree that the editorial board’s decision regarding the opportunity for paper presentation is final. Authors are prohibited from attempting to influence the technical team in efforts to have their paper published.
Before the final acceptance of the paper, authors are required to confirm in writing that they hold all copyrights to their paper and grant the publishing rights to Jurnal Potensi: Jurnal Sipil Politeknik.