Pengaruh Good Governance dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah dan Implikasinya Pada Pelayanan Publik (Studi Kasus di Pemerintah Kabupaten Garut)

  • Trianda Nurbaeti Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung
  • Darya Setia Nugraha Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Good Governance, SPIP, Kinerja Aparatur, Pelayanan Publik

Abstract

Dalam menjalankan sebuah tata kelola pemerintahan yang baik terbebas dari KKN Pemerintah Kabupaten Garut merumuskan SPIP yang didukung dengan Good Governance. Selan itu, kinerja aparatur pemerintah daerah juga berperan penting dalam tujuan utama pemerintah yaitu pelayanan publik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah good governance dan SPIP berpengaruh terhadap pelayanan publik dengan kinerja aparatur pemerintah daerah sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten Garut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 SKPD dengan responden sebanyak 77 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis jalur dan menggunakan test sobel.

Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan good governance dan SPIP terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah baik secara pasrial maupun simultan dengan nilai masing-masing sebesar 13,3% dan 23,2% serta 63,2%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja aparatur pemerintah daerah terhadap pelayanan publik sebesar 3,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang dan/ tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh langsung dari good governance dan SPIP terhadap pelayanan publik. Tidak terdapat pengaruh yang kuat dari kinerja aparatur pemerintah daerah terhadap pelayanan publik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30