MAKANAN DAN HIBURAN DAERAH SEBAGAI ATRAKSI WISATA MENJADI PROSPEK BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PAD (Suatu Survey Pada Wisatawan Di Bandung Raya)

  • Rahma Wahdiniwaty Program Studi Magister Manajemen,Universitas Komputer Indonesia, Bandung
Keywords: Makanan/minuman daerah (kuliner), hiburan daerah

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor industri yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada umumnyaWisatawan datang selain berwisata dan berbelanja tidak pernah lupa melakukan wisata kuliner untuk mencoba makanan khasdaerah destinasi ataupun melihat hiburan lokal budaya daerah. Bandung Raya potensial dijadikan daerah tujuanwisata.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan wisatawan tentang makanan dan hiburan daerah, prospek dalammeningkatlan PAD dan implementasi manajerial dalam membangun wisata kulinerdan hiburan daerah sebagi atraksiwisata.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan menggunakan analisis deskriptif. Sampel diambildengan tehnik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling sebanyak 506 wisatawan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tanggapan wisatawan tentang makanan dan hiburan daerah sebagai atraksi wisata di wilayah Bandung Raya memiliki daya tarik bagi wisatawan, memiliki prospek bisnis untuk meningkatkan PAD meskipun tingkat pertumbuhandari tahun ke tahun mengalami naik turun, perlu membangun combination of marketing strategies "product-market"

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-11-20