Program Peningkatan Kinerja Pemasaran UKM (Usaha Kecil Menengah) Melalui Promosi

  • Adila Sosianika Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Gundur Leo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), promosi, brosur, website, media sosial

Abstract

Kelompok penginapan di sekitar Desa Nagrag Ciater Subang yang berjumlah 7 penginapan kecil telahmenjadi mitra dalam kegiatan ini. Bisnis penginapan ini umumnya masih dikelola secara kekeluargaan(bisnis keluarga), dalam artian pemilik dan pengelola memiliki ikatan keluarga. Selain itu juga komunitasUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Gapura Sigar (Gabungan Produk Pengusaha Rancage Asal TiGarut) merupakan sebuah beranggotakan UMKM yang bergerak dalam bisnis kuliner makanan, minumanolahan serta kerajinan khas lokal Garut dan merupakan wadah para UKM binaan untuk saling tukar pikiran,informasi maupun peluang dalam hal pengembangan produk serta kiat-kiat peningkatan kinerja bisnis.Permasalahan yang dihadapi UMKM yang menjadi mitra adalah rendahnya tingkat penjualan dikarenakanpara UMKM ini hanya melayani konsumen (terutama turis) yang berkunjung, sedangkan para turis yangdatang hanya terbatas pada hari-hari libur saja. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah pembuatanbrosur, website dan media sosial sebagai media promosi. Brosur, website dan akun media sosial Facebookdan Instagram Gapura Sigar telah dibuat, selanjutnya disarankan agar pengelola selalu memonitor efektifitasbrosur, website dan media sosial yang telah tersedia serta memeliharanya dengan menyediakan informasiterkini seputar produk maupun kegiatan Gapura Sigar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-28