Prediksi Penerimaan Layanan E-Grocery Bahan Makanan Lokal di Indonesia

  • Iklima Farhani Politeknik Negeri Bandung
  • Dwi Suhartanto Politeknik Negeri Bandung
  • Tintin Suhaeni Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Eksistensi bisnis e-grocery bahan makanan lokal merupakan salah satu solusi yang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah pemasaran pertanian di Indonesia. Adopsi e-grocery sendiri telah meningkat dengan sangat pesat dengan pandemi COVID-19 yang menjadi katalisator. Dari persfektif industri, bisnis e-grocery memiliki peluang yang sangat besar dan diproyeksikan sangat positif. Peluang tersebut sekaligus menciptakan persaingan yang sangat ketat, khususnya antara e-grocery bahan makanan lokal dan e-grocery supermarket. Permasalahan yang terjadi kemudian adalah e-grocery bahan makanan lokal kalah saing dari e-grocery supermarket. Guna dapat memelihara manafaat dalam membantu pemasaran hasil pertanian lokal, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi behavioral intention pengguna layanan e-grocery bahan makanan lokal. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan menggunakan 260 responden melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode SEM-PLS. Temuan dari penelitian ini mengkonfirmasi bahwa e-service quality dan food quality terbukti berpengaruh secara signifikan dan langsung terhadap behavioral intention, serta berpengaruh secara tidak langsung melalui mediasi attitude.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-16