Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Kelurahan untuk Peningkatan Layanan di Pemerintah Kota Bogor

  • Hayuning Titi Karsanti Balai IPTEKnet, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
Keywords: sistem informasi, bogor, kelurahan, administrasi kependudukan, prototyping

Abstract

Sistem administrasi kependudukan merupakan faktor penting dalam penyediaan data kependudukan yang akurat dan terintegrasi. Salah satu bagian dalam sistem tersebut adalah proses pendaftaran penduduk yang meliputi kegiatan pencatatan penduduk beserta perubahannya, perkawinan, perceraian, kematian dan mutasi penduduk. Pengelolaan pendaftaran penduduk merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, dimana dalam pelaksanaannya diawali dari desa/kelurahan selaku ujung tombak pendaftaran penduduk. Dalam hal ini, pemerintah desa/kelurahan memiliki tugas melayani permohonan surat keterangan yang berkaitan dengan proses pendaftaran penduduk dengan benar dan cepat. Untuk mewujudkan itu, maka diperlukan aplikasi sistem informasi yang membantu dalam proses pembuatan, penyimpanan, maupun pengelolaan informasi kependudukan di tingkat desa. Wilayah Kota Bogor terbagi dalam 6 kecamatan dan 66 desa/kelurahan. Integrasi data antara aplikasi kelurahan dengan aplikasi milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang telah ada sebelumnya sangat diperlukan agar data penduduk sinkron.Untuk itu, Sistem Informasi Manajemen Kelurahan akan dibangun berbasis web dengan dukungan teknologi open source seperti Apache, MySql dan PHP. Metodologi yang digunakan adalah metode Prototyping yaitu proses berulang dalam pengembangan sistem dimana kebutuhan pengguna diubah ke dalam sistem yang bekerja secara terus-menerus diperbaiki sampai terbangun hasil akhir sesuai kebutuhan. Setelah diujicobakan di Kecamatan Tanah Sareal, aplikasi Kelurahan mendapat respon positif dan terbukti membantu mempercepat pelayanan pembuatan surat keterangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-12