Modifikasi Special Tools untuk Assy-Disassy Fuel Nozzle Engine Allison M250 C20b

Authors

  • Sopia Meilina
  • Moch. Luthfi

DOI:

https://doi.org/10.35313/irwns.v15i1.6262

Abstract

Engine Allison memiliki batas maksimal sekitar 3.500 jam terbang sebelum memerlukan overhaul, termasuk komponen fuel nozzle pada engine Allison M250 C20B. Selama overhaul, proses assy-disassy terhadap fuel nozzle dari combustion chamber membutuhkan special tools. Penelitian ini membahas modifikasi special tools sebelumnya yang dianggap kurang efektif, dan desain baru dibuat menggunakan Solidworks. Material yang digunakan adalah Bohler K-460, yang lebih murah daripada Bohler K-110 dengan spesifikasi sama. Produk ini dibuat melalui proses manufaktur milling dan bubut konvensional, dengan tambahan fastener screw sebagai penahan antara hexagon dan body, serta locking nut pada ulir nozzle body untuk mencegah special tools terlepas saat digunakan. Setelah pembuatan, dilakukan heat treatment dan uji keras Rockwell-C, dengan nilai kekerasan produk sebelum heat treatment 20 HRC dan setelahnya 41 HRC. Pengujian alat dilakukan pada dummy dengan kekerasan yang sama dengan komponen asli untuk memastikan alat tidak merusak fuel nozzle atau sebaliknya. Penelitian ini menghasilkan special tools yang lebih optimal untuk mendukung proses assy-disassy fuel nozzle pada Engine Allison M250 C20B.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-01