MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING POKOK BAHASAN GERAK ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Hasil proses pembelajaran fisika terapan yang belum optimal memerlukan perubahan dalam proses pembelajarannya sehingga perlu dilakukan penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen semu, sampel yang digunakan adalah sampling pertimbangan (sampling purposif) yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri ats soal pretes dan postes, kuisioner, observasi dan wawancara. Penelitian dihasilkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi dapat meningkatkan berpikir kritis pada mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor Gain indikator berpikir kritis untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 45,17 % untuk kelas eksperimen dan hanya 29,46 % untuk kelas kontrol. Uji t-tes terhadap model inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi menunjukkan diterima sebagai model yang dapat meningkatkan pemahaman berpikir kritis kepada mahasiswa. Hal ini didukung pula oleh jawaban kuisioner, komentar observator dan hasil wawancara, yang secara menyeluruh menunjukan adanya peningkatan berpikir kritis pada mahasiswa.
Kata Kunci : Eksperimen semu, inkuiri, pretes, postes, gain