MODEL INKUIRI–PARTISIPATORIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Model inkuiri partisipatoris adalah model pembelajaran yang bersifat kognitif- humanis. Model ini memiliki karakter untuk mengembangkan kegiatan keterampilan berpikir logis. Penggunaan model inkuiri partisipatoris dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi memiliki keunggulan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada aspek proses. Sesuai dengan tuntutan karakteristik kurikuler dan isi bahan ajar (content) yang memerlukan paradigma partisipatif dan interaktif. Penggunaan model inkuiri partisipatoris memiliki dampak pembelajaran baik yang bersifat instructional effect maupun nurturant effect. Dapat pula memperkuat kemampuan berpikir mahasiswa sebagai ilmuwan dan membentuk kekuatan civil society yang mendukung kekuatan ketahanan nasional.
Kata Kunci: Model Inkuiri- Partisipatoris, kualitas proses pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan