MODEL INKUIRI–PARTISIPATORIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

N.S. Junaedi Drs., M.Pd.

Abstract

Model inkuiri partisipatoris adalah model pembelajaran yang bersifat kognitif- humanis. Model ini memiliki karakter untuk mengembangkan  kegiatan keterampilan berpikir logis. Penggunaan model inkuiri partisipatoris dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi memiliki keunggulan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada aspek proses. Sesuai  dengan tuntutan karakteristik kurikuler dan isi bahan ajar (content) yang memerlukan paradigma partisipatif dan interaktif. Penggunaan model inkuiri partisipatoris memiliki dampak pembelajaran baik yang bersifat instructional effect maupun nurturant effect. Dapat pula memperkuat kemampuan berpikir mahasiswa sebagai ilmuwan dan membentuk kekuatan civil society yang mendukung kekuatan ketahanan nasional.

 

Kata Kunci: Model Inkuiri- Partisipatoris, kualitas proses pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

N.S. Junaedi Drs., M.Pd., Politeknik Negeri Bandung

UP. MKU Politeknik Negeri Bandung