Rancang Bangun Alat Pembuatan Aqua Purificata (Perbandingan Kualitas Produk dari Reverse Osmosis, Ion Exchanger, dan Water Distiller)

Main Article Content

Robert Junaidi
Yuniar Yuniar
Virwindica Bella
Adhe Julian
Amalia Rahmah

Abstract

Penelitian dilakukan untuk merancang proses produksi aqua purificata dan memurnikan air keran dengan memasang dan menggabungkan penyaringan multi-tahap dengan metode lain seperti, reverse osmosis, pertukaran ion, dan unit distilasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kualitas produk dari setiap outlet unit akhir sehingga dapat ditentukan mana yang memenuhi spesifikasi standar. Proses pemurnian air umpan dalam reverse osmosis dilakukan dengan memvariasikan tekanan operasional dalam 20, 40, 50, dan 60 bar. Pada penukar ion, pengamatan dilakukan dengan menentukan pengaruh laju aliran umpan terhadap keluaran dengan variasi 100, 125, dan 150 ml / menit. Selain itu, dalam penyuling air, proses pemanasan di dalam unit dipengaruhi oleh laju aliran umpan 0,2055 L / mnt dan volume output dikontrol oleh waktu operasi dengan kisaran 5, 10, 15, 20, dan 25 menit. Menurut nomor spesifikasi ASTM D1193-91 dan NCCLS dari hasil pengukuran, aqua purificata yang dihasilkan oleh reverse osmosis dan penyuling air dikategorikan sebagai tipe 1.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Junaidi, R., Yuniar, Y., Bella, V., Julian, A., & Rahmah, A. (2019). Rancang Bangun Alat Pembuatan Aqua Purificata (Perbandingan Kualitas Produk dari Reverse Osmosis, Ion Exchanger, dan Water Distiller). Fluida, 12(2), 58-64. https://doi.org/10.35313/fluida.v12i2.1847
Section
Articles