KETENTUAN PENULISAN

Artikel yang ditulis untuk jurnal FLUIDA merupakan hasil penelitian laboratorium, hasil simulasi suatu permasalahan, analisis konseptual (kajian penyelesaian masalah secara tertulis) tentang proses produksi, troubleshooting, dan maintenance serta hasil kajian/evaluasi kinerja suatu sistem proses.

1)    Artikel yang disampaikan pada redaksi Jurnal FLUIDA merupakan hasil tulisan asli/sendiri, tidak pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun.

2)    Penulis yang melanggar ketentuan pada poin 1 (satu) diberi SANKSI tidak diperkenankan untuk menerbitkan artikel dalam jurnal FLUIDA selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

3)    Substansi artikel di luar tanggung jawab tim redaksi, segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau hal lain yang terkait dengan HaKI menjadi tanggung jawab penulis artikel.

4)    Artikel tidak bertentangan dengan norma masyarakat,  agama, dan tidak menimbulkan kerawanan sosial.

5)    Artikel yang masuk dan dimuat dalam jurnal FLUIDA merupakan hak milik redaksi. Artikel yang tidak dimuat, tidak akan dikembalikan, namun dapat diajukan kembali dengan perbaikan/revisi.

6)    Bila artikel diterima, penulis wajib menyertakan surat pernyataan yang berisi pernyataan keaslian tulisan sebelum artikel diterbitkan.

 

FORMAT PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL FLUIDA

1)    Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris, diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts dengan spasi 1, ukuran kertas A4 dengan margin atas/bawah/kiri/kanan: 3/3/3/3. Panjang artikel 6 – 8 halaman.

2)    Pendaftaran dan pengiriman artikel dilakukan melalui alamat http://jurnal.polban.ac.id/index.php/kimia/user/register  dengan terlebih dahulu melakukan registrasi sebagai Author.

3)    Identitas penulis dicantumkan lengkap dalam formulir registrasi. Pada artikel yang ditulis oleh tim, redaksi/penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau corresponding author. Status pemrosesan artikel dapat dilihat pada menu author.

4)    Template artikel dapat diunduh di sini.