Optimasi Kondisi Operasi Kolom Destilasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Ethylene Dichloride (EDC) Umpan Furnace (Studi di PT Asahimas Chemical)

Main Article Content

Bintang Iwhan Moehady
Amanda Putri
Esa Mayasari

Abstract

Ethylene Dichloride (EDC) dengan konsentrasi yang tinggi akan menghasilkan Vinyl Chloride Monomer (VCM) dengan konsentrasi yang tinggi. EDC akan mengalami perengkanhan  menjadi VCM didalam peralatan yang disebut furnace. Konsentrasi EDC yang tinggi akan memperpanjang umur furnace karena terdapat lebih sedikit High Boiling Component (HBC) yang mengakibatkan terbentuknya coke. Konsentrasi EDC rata-rata yang ada sebesar 99,6% (w/w). Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk meningkatan konsentrasi EDC di aliran atas kolom distilasi TW-303 lebih besar atau sama dengan 0,2 % (w/w) dari 99,6% (w/w). Optimasi variabel yang dilakukan adalah laju alir refluk kolom distilasi TW-304, tekanan kolom bagian bawah TW-304 dan tekanan kolom bagian atas TW-303. Hasil optimasi menunjukkan dapat dilakukannya peningkatan konsentrasi EDC di aliran atas kolom distilasi TW-303 sebanyak 0,2% (w/w) dengan laju alir 77063,0859 kg/h. EDC dengan konsentrasi tersebut dapat meningkatkan umur furnace sampai dengan 1,5-2 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Moehady, B. I., Putri, A., & Mayasari, E. (2019). Optimasi Kondisi Operasi Kolom Destilasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Ethylene Dichloride (EDC) Umpan Furnace (Studi di PT Asahimas Chemical) . Fluida, 12(1), 8-14. https://doi.org/10.35313/fluida.v12i1.1600
Section
Articles

References

Mc Cabe, W. L. (1990). Operasi Teknik Kimia. Jakarta: Erlangga.

Richardson, C. A. (2005). Chemical Engineering Design. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann.

Tham, M. T. (2009). Distillation. New Zealand: R. C. Costello and Associaters, Inc.

Doherty, M. F., Fidkowski, Z. T., Malone,
M. F., Taylor, R. (2008).Perry’s Chemical Engineers’ Hand Book.
United States of America : McGraw-Hill.