Ekstraksi dan Karakterisasi Serat Selulosa dari Tanaman Eceng Gondok (Eichornia Crassipes)

Main Article Content

Endang Kusumawati
Haryadi Haryadi

Abstract

Eceng gondok merupakan gulma air yang tumbuh pesat di perairan. Pada penelitian ini dilakukan proses ekstraksi dan karakteristik serat selulosa dari eceng gondok. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan jenis pelarut yang efektif untuk mengekstrak serat selulosa dari tanaman eceng gondok sehingga didapat konversi serat yang optimum.Kandungan batang eceng gondok yang kaya akan selulosa, hemiselulosa dan lignin berpotensi untuk dijadikan bahan dasar pembuatan carbon nanodots (C-Dots) dan kepentingan lainnya. Untuk dijadikan bahan baku C-Dots harus dilakukan pemisahan hemiselulosa dan lignin-nya karena akan berpengaruh pada proses karbonisasi, sehingga perlu dilakukan pretreatment untuk mendapatkan serat selulosa murni. Proses ekstraksi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan serat selulosa murni.Proses ekstraksi dilakukan melalui dua tahap proses yaitu proses delignifikasi menggunakan NaOH 4% dan tahap bleaching dengan memvariasikan beberapa jenis pelarut dengan konsentrasi yang seragam, dalam penelitian ini digunakan NaClO2, H2O2 dan HCl masing-masing 3%. Selulosa yang diperoleh dikarakteristik menggunakan FTIR dan HPLC sehingga diperoleh gugus fungsi dan jumlah lignin yang terdapat dalam residu.Pelarut terbaik ditinjau dari berat selulosa yang dihasilkan dan analisis FTIR dan HPLC adalah NaOH 4% NaClO2 3%.Berat selulosa yang dihasilkan lebih banyak dari kedua variasi pelarut lainnya.Analisis FTIR tidak mendeteksi adanya gugus fungsi senyawa lignin pada selulosa.Analisis HPLC diperoleh selulosa lebih murni dari kedua variasi yaitu sebesar 77,6%. Hal ini menunjukkan bahwa produk selulosa yang dihasilkan dari proses ekstraksi dengan pelarut tersebut efektif serta  memiliki kemurnian yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, E., & Haryadi, H. (2021). Ekstraksi dan Karakterisasi Serat Selulosa dari Tanaman Eceng Gondok (Eichornia Crassipes). Fluida, 14(1), 1-7. https://doi.org/10.35313/fluida.v14i1.3452
Section
Articles

References

1]. Ahmed, A. F., Moahmed A, Abdel Naby. (2012). Pretreatment and enzymic saccharification of water hyacinth cellulose. Carbohydrate Polymers.
2]. Paulien dkk, 2010. Literature Review of Physical and Chemical Pretreatment Processes for Lignocellulosic Biomass. Wageningen UR Food and Biobased Research.
3]. Rizky. D. H. (2012). Ekstraksi serat selulosa dari tanaman eceng gondok dengan variasi pelarut., Universitas Indonesia, Depok.
4]. Taherzadeh, M. J. a. K, K. (2007). Acid-Based Hydrolysis Processes for Ethanol from Lignocellulosic Materials., A Review. Bioresources, 2(3), 472-499.