Evaluasi Jenis Kerusakan Jalan menggunakan Metode PCI dan Bina Marga (Studi Kasus : Jalan Gunung Agung Denpasar)

Main Article Content

Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri
Ida Bagus Suryabrata
Putu Ariawan
I Komang Agus Ariana

Abstract

Tingginya arus lalu lintas pada jalan Gunung Agung Denpasar merupakan salah satu jalan kolektor kelas utama yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi yang sehingga menyebabkan peningkatan kerusakan jalan area tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi perbandingan metode Pavement Condition Index dengan Bina Marga. Pada tahap survei, ruas Jalan Gunung Agung sepanjang 2,46 km dibagi menjadi 25 bagian. Berdasarkan hasil survei pada 25unit sampel Jalan Gunung Agung didapat kerusakan berupa Pelepasan Butir (Raveling) terjadi sebesar 72,91%, Retak Memanjang (Longitudinal Cracking) terjadi sebesar 11,26%, Tambalan (Patching) 10,35%., Lubang (Potholes) 2,39%., Amblas (Depression) 1,532%., Alur (Rutting) 0,907%, Retak Buaya (Aligator Crack) 0,607%, Pengausan (Weathering) terjadi sebesar 0,028%. Program penanganan Jalan Gunung Agung Denpasar pada metode PCI didapatkan penanganan tambalan dan lapis tambahan pada segmen 2-6 dan  segmen lainnya berada dalam penanganan pemeliharaan rutin. Sedangkan pada metode Bina Marga didapatkan penanganan berkala hanya pada segmen 3,4 dan 6 serta segmen lainnya berada dalam penanganan rutin. Dari hasil perbandingan antara kedua metode tersebut, hasil yang didapat memiliki hasil yang hampir sama. Namun dikarenakan pada metode PCI memiliki analisa yang lebih mendetail dan obyektif terkait segala aspek kerusakannya, maka disarankan untuk menggunakan program pemeliharaan berdasarkan hasil metode Pavement Condition Index.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, D. A. P. A. G., Suryabrata, I. B., Ariawan, P., & Ariana, I. K. A. (2022). Evaluasi Jenis Kerusakan Jalan menggunakan Metode PCI dan Bina Marga (Studi Kasus : Jalan Gunung Agung Denpasar). Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 24(2), 86-93. https://doi.org/10.35313/potensi.v24i2.4139
Section
Articles

References

[1] “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan,” 2004.
[2] J. Santos, C. Torres-Machi, S. Morillas, and V. Cerezo, “A fuzzy logic expert system for selecting optimal and sustainable life cycle maintenance and rehabilitation strategies for road pavements,” International Journal of Pavement Engineering, vol. 23, no. 2, pp. 425–437, 2022, doi: 10.1080/10298436.2020.1751161.
[3] J. Atas Kerusakan Jalan Yang Mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas, O. Eviera Riza Indriani, G. Made Swardhana, and B. Hukum Pidana, “PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENYELENGGARA.” [Online]. Available: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/FAJ/article/view/624,
[4] Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, “ Panjang Jalan Menurut Kabupaten/Kota dan Tingkat Kewenangan Pemerintahan di Provinsi Bali Keadaan Akhir Tahun 2021,” Badan Pusat Statistik Provinsi Bali , 2021.
[5] Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, “Keadaan Meteorologi dan Geofisika Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, 2020,” Web , 2020.
[6] I’in Lathifatus Sun’iyyah, I Made Sukewijaya, and Ni Wayan Febriana Utami, “Perencanaan tata hijau jalan berdasarkan fungsi jalan di Kota Denpasar,” JURNAL ARSITEKTUR LANSEKAP , vol. 4, no. 1, pp. 74–82, 2018, [Online]. Available: http://ojs.unud.ac.id/index.php/lanskap
[7] C. Han, M. Fang, T. Ma, H. Cao, and H. Peng, “An intelligent decision-making framework for asphalt pavement maintenance using the clustering-PageRank algorithm,” Engineering Optimization, vol. 52, no. 11, pp. 1829–1847, Nov. 2020, doi: 10.1080/0305215X.2019.1677636.
[8] Rudy Santosa, Bambang Sujatmiko, and Fajar Aditya Krisna, “Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro),” Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil , vol. 04, no. 02, pp. 104–111, 2021.
[9] Yonathan Wafom, Tri M. W. Sir, and John H. Frans, “Evaluasi Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Ruas Halan Kejora dan Jalan Bundaran PU Kota Kupang,” Jurnal Teknik Sipil, vol. 10, no. 2, pp. 173–184, 2021.
[10] Ricky Hermawan and Anissa Noor Tajudin, “EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PCI DAN SDI (STUDI KASUS: JALAN JATISARI, KARAWANG),” Jurnal Mitra Teknik Sipil , vol. 4, no. 4, pp. 845–854, Nov. 2021.
[11] M. F. Romadhon, D. A. Susanto, S. Anugrahamdani, and R. R. Sunhadji, “Analisis kondisi kerusakan jalan pada ruas jalan Kadudampit dengan metode Pavement Condition Index (PCI),” Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan, vol. 3, no. 2, pp. 84–94, Sep. 2021, doi: 10.52005/teslink.v3i2.77.
[12] Dian Agung Saputro, “Penentuan Jenis Pemeliharaan Jalan dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang),” Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik (Sistem) , vol. 10, no. 2, 2017.
[13] Ahmad Ihsan Triyanto, “Evaluasi Kerusakan Jalan Pada ruas Jalan Purworejo-Magelang dengan Metode PCI dan Bina Marga untuk Dilakukan Perencanaan Perbaikan,” vol. 11, no. 3, 2021.
[14] R. Faisal, “PERBANDINGAN METODE BINA MARGA DAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENGEVALUASI KONDISI KERUSAKAN JALAN (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, ACEH),” TERAS JURNAL, vol. 10, no. 1, p. 110, Aug. 2020, doi: 10.29103/tj.v10i1.256.
[15] Rowinanda Lailatul Jannah, Helga Yermadona, and Selpa Dewi, “Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Bina Marga dan PCI (Studi kasus : Jl. Lintas Sumatera Km 203-213),” Ensiklopedia Research and Community Service Review, vol. 1, no. 2, pp. 114–122, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.ensiklopediaku.org
[16] ASTM, “Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys (Designation: D 6433-07),” 2017.
[17] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pedoman Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan. 2016.