PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN TAMBAH RENOLITH PADA TANAH GEDEBAGE BANDUNG

Main Article Content

Mulyadi Yuswandono

Abstract

Kualitas dan kekuatan jalan utamanya lebih ditentukan oleh daya dukung tanah dasarnya. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembangunan jalan adalah disebabkan tanah asli berupa tanah lunak yang kurang memenuhi persyaratan teknis, yaitu tanah dengan daya dukung tanah yang rendah. Berbagai upaya sudah banyak dilakukan untuk meningkatkan daya dukung tanah dasar tersebut, yang salah satunya adalah dengan proses stabilisasi tanah dasar dengan menggunakan bahan tambah Renolith. Renolith adalah salah satu bahan tambah cair yang dapat digunakan sebagai bahan tambah untuk stabilisasi tanah. Pengunaan Renolith biasanya dikombinasikan dengan Semen portlan untuk menghasilkan suatu dasar jalan yang solid dan stabil.
Pada percobaan stabilisasi tanah ini, sampel tanah yang diambil dari daerah Gedebage-Bandung dengan menggunakan Renolith tanpa dikombinasikan dengan semen. Kadar Renolith yang dipakai dalam percobaan ini adalah 2%, 4%, dan 6%.
Dari data hasil pengujian yang dilakukan, menghasilkan peningkatan nilai daya dukungnya, semakin besar kadar Renolith yang ditambahkan maka semakin besar nilai daya dukungnya. Variasi campuran yang paling baik untuk jenis tanah yang diuji, adalah dengan kadar tambahan sebanyak 6 % dengan lama pemeraman 7 hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuswandono, M. (2010). PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN TAMBAH RENOLITH PADA TANAH GEDEBAGE BANDUNG. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 12(1), 41 - 51. https://doi.org/10.35313/potensi.v12i1.4763
Section
Articles
Author Biography

Mulyadi Yuswandono, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung

Department of Civil Engineering

Most read articles by the same author(s)