APLIKASI E-CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) BERBASIS WEB PADA BELLE STUDIO CIREBON

Main Article Content

Lena Magdalena
Muhammad Hatta

Abstract

CRM merupakan strategi bisnis yang digunakan untuk mengefisienkan suatu proses
bisnis dalam sebuah perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan. Pada studio fotografi, strategi
bisnis ini efisien diterapkan untuk memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan sehingga loyalitas
pelanggan akan meningkat. Bersamaan dengan itu, pendapatan perusahaan akan meningkat
dengan pelanggan yang ada. Pengelolaan reservasi studio fotografi di Belle Studio Cirebon belum
dilakukan secara tersistem; penyimpanan data informasi internal pun masih dilakukan secara
manual dengan menggunakan catatan buku manual. Reservasi ini juga masih dilakukan secara
manual yaitu melalui media sosial (instagram, dan whatsapp) dan belum menggunakan unsur
Customer Relationship Management (CRM). Hal ini mengakibatkan pelanggan masih kesulitan
untuk mengakses informasi terkait penawaran paket jasa studio fotografi beserta harga.. Belle
Studio Cirebon belum memberikan reward loyalty agar dapat menjaga hubungan baik dengan
pelanggan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis berinisiatif untuk merancang sebuah
aplikasi sistem informasi reservasi studio fotografi dengan menggunakan metode Customer
Relationship Management (CRM).
Kata Kunci: Sistem Informasi, CRM, Reservasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles