NILAI STABILITAS POROUS ASPHALT MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL

Main Article Content

Mirza Ghulam R.
Wahyu Nariswari
Enes Ariyanto S.
Tri Gunawan

Abstract

Asphalt Porous adalah campuran aspal dengan kadar pasir yang rendah untuk mendapatkan ruang pori yang tinggi. Permasalahan perkerasan asphalt porous dengan gradasi terbuka (open graded) secara umum terletak pada nilai struktural perkerasan seperti nilai stabilitas yang masih rendah dibandingkan dengan perkerasan gradasi rapat (dense graded). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui kinerja perkerasan campuran aspal berpori dengan menggunakan aspal penetrasi 60/70Analisis kinerja fungsi kekuatan campuran aspal berpori dilakukan dengan Marshall Test dengan membandingkan hasil pengujian parameter seperti stabilitas, void in mixture (vim), kelelehan (flow), dan marshall question. Untuk analisis model resapan campuran aspal berpori dilakukan dengan metode Falling Head Permeability (FHP), dimana air didalam tabung (stand pipe) jatuh bebas dengan ketinggian tertentu sampai melewati rongga pada campuran aspal berpori menggunakan rentang kadar aspal variasi rencana antara lain 4,0%, 4,5%, 5,0%, 5,5%, dan 6,0%.Hasil penelitian didapat kadar aspal optimum 5,0 % pada campuran asphalt porous. Stabilitas asphalt porous dari lima variasi kadar aspal rata-rata yaitu 1.123,61 Kg. Untuk nilai rata-rata VIM pada lima variasi kadar aspal yaitu 23,22 %. Nilai rata-rata flow pada lima variasi kadar aspal 4,68 mm. Dan untuk nilai marshall question 241,82 Kg/mm. Semakin besarnya rongga udara pada open graded asphalt (OGA) maka semakin kecil nilai stabilitas-nya. Hasil penelitian permeabilitas asphalt porous pada lima variasi kadar aspal rata-rata yaitu 0,367 cm/s.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
R., M. G., Nariswari, W., S., E. A., & Gunawan, T. (2017). NILAI STABILITAS POROUS ASPHALT MENGGUNAKAN MATERIAL LOKAL. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 19(1). https://doi.org/10.35313/potensi.v19i1.531
Section
Articles