Proposisi Nilai Produk dan Layanan di Atraksi Agrowisata Studi Kasus Perkebunan Teh Rancabali
Main Article Content
Abstract
Hanya sedikit penelitian yang mengeksplorasi proposisi nilai produk dan layanan agrowisata, khususnya di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada pemahaman bagaimana peta nilai mendefinisikan pelanggan di Perkebunan Teh Rancabali sebagai studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pihak manajemen dan pengunjung yang pernah berkunjung ke Perkebunan Teh Rancabali. Hasil penelitian ini menyoroti pilihan paket menawan dan layanan terbaik yang memenuhi semua kebutuhan wisatawan, memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun fasilitas umum yang kurang memadai, kondisi jalan kebun teh yang kecil, dan seringnya terjadi kemacetan dapat menjadi tantangan bagi kepuasan pelanggan. Menariknya, pengunjung tidak melihat aspek edukasi terkait perkebunan teh sebagai alasan utama mereka datang. Dengan demikian, penelitian ini berperan penting dalam membantu pengelola Perkebunan Teh Rancabali dalam meningkatkan value proposition mereka untuk menarik lebih banyak wisatawan, meningkatkan kepuasan pengunjung, dan membangun reputasi yang baik di industri agrowisata.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Basyir, M., & Mayasari. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Berlibur Di Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 199–213.
Monica, C., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). PENGEMBANGAN PROPOSISI NILAI PELANGGAN LIBRERIA EATERY. 6(2), 1–8.
Muttaqin, zainal. (2015). Belajar Ilmu Pariwisata. https://www.academia.edu/35907585/BELAJAR_ILMU_PARIWISATA
Octaviany, V. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI BALE SENI BARLI-KOTA BARU PARAHYANGAN THE EFFECT OF TOURISM QUALITY PRODUCT TOWARDS DECISION TO VISIT BALE SENI BARLI-KOTA. 1, 184–195.
Osterwalder, A. (2014). Value proposition design : how to create products and services customers want : get started with. How to Create Products and Services Customers Want, 290.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2015). Value proposition design: How to create products and services customers want.
Rimbawati, Yasa, S. T., Yusri, M., & Siregar, Z. (2021). Analisis Finansial Kawasan Zagro Jemah Agritourism Education Center Desa Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara.
Saepudin, E., Budiono, A., & Rohman, A. S. (2016). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Wisata Agro di Kabupaten Bandung Barat. Edulib, 6(2), 154–168. file:///C:/Users/Perpustakaan/Downloads/Edulib/Vol 6 No 2 - 2016/5027-10126-1-PB.pdf
Saputra, T. A., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). IMPLEMENTASI DESIGN THINKING DALAM MEMBANGUN INOVASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN PERCETAKAN. 2008, 833–844.
Sidipurwanty, E. (2016). Pengendalian Alih Guna Tanah Sawah ke Nonpertanian Di Kabupaten Bandung, Jawa Barat Melalui Peraturan Desa. Jurnal Masyarakat & Budaya, 18(3), 387–414.
Winata, I. G. K. A., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Sanjaya, N. M. W. S. (2018). Tourism Experience Design dan Penciptaan Nilai Pelanggan Pada Pariwisata di Bali. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(1), 10–27.
Yeremia, A., Sondang, Y., Ssi, K., Pemasaran, J. M., & Petra, U. K. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. 1(2), 1–8