Analisis Kualitas Web Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Membangun Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Layanan Rumah Sakit Melinda 2 Bandung
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 mendorong inovasi sektor kesehatan melalui digitalisasi, seperti integrasi aplikasi Peduli Lindungi ke platform Satu Sehat oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Studi di Rumah Sakit Melinda 2 Bandung menyoroti potensi optimasi pemasaran online untuk memperluas pasar dan meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian dengan metode survei deskriptif analitik menekankan strategi pemasaran rumah sakit berbasis teknologi media online dan dampaknya pada keputusan pasien. Pendekatan waktu Cross Sectional menunjukkan bahwa "Kualitas Informasi" tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan, sementara "Kualitas Interaksi" dan "Usability/Penggunaan" memiliki dampak positif dan signifikan. Kualitas interaksi yang baik dan kemudahan penggunaan layanan berkontribusi pada keputusan penggunaan layanan. Kesimpulannya, "Kualitas Interaksi" dan "Usability/Penggunaan" memiliki peran krusial, sementara "Kualitas Informasi" tidak signifikan dalam konteks ini.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Barnes S, Vidgen, R. 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Comerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 3, NO. 3, 2002
Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA).
Caviello, Milley, Marcolin. 2001. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Chaffey, Dave dan Ellis-Chadwick, Fiona. 2002. Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice. Inggris
Christina, I., Fenni, F., & Roselina, D. (2018). Digital marketing strategy in promoting product. Management And Entrepreneurship: Trends Of Development, 4(10), 58–66.
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences, 2nd ed. Lawrence Erlbaum Associates, USA
Dave, Chaffey. (2009). E-business and E-commerce Management: Strategy Implementation and Practice. Prentice Hall
De Leon, M. V. (2019). Factors influencing behavioural intention to use mobile banking among retail banking clients. Jurnal Studi Komunikasi 3(2), 118. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i2.1469
Fatkhurrohman, R., Tresnati, R., & Hendarta, A. (2023). Pengaruh kualitas website dan electronic word of mouth terhadap proses keputusan pasien dalam memilih rumah sakit (Survey pada Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(5), 868-883.
Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: Qiara Media
Haq, A., Wijayati, A. T., Drea, A., Kusumasari, F., Selvia, R., & Rovels, R. (2022). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI RS: A SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(3), 130-139.
Hawryszkiewycz, I.T. (2001). Introduction Systems Analysis and Design. Fifth Edition. India: Prentice Hall.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia
Kotler, Philip; dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip dan Keller, Lane, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mohammed, Rafi A., Robert J. Fisher, Bernard J. Jaworski dan Gordon J. Paddison. (2003). Internet Marketing: Building Advantage In A Networked Economy, Second Edition. McGraw-Hill, New York.
Parasuraman, Valerie A. Zeithaml. Leonard Berry. 2011. A Conceptual Model Of Service Quality And Its Implication For Future Research. Journal Of Marketing, Volume 49
Prasetyo, A. A. R., & Sulistiadi, W. (2019). Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. The 5th International Conference on Public Health, 509–512. https://doi.org/10.26911/theicph.2019.04.47.
Pusat Data dan Informasi Kesehatan (2014)
Resmi, I. C. (2018). Pengaruh Kualitas Website Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung terhadap Keputusan Pembelian Tamu. Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(2), 168-179.
Sholihin, Shofwan A., Annissa, Mutiara dan Oktapiani, Annissa. Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol XII No 3, November 2021, E-ISSN : 2615-4978
Tsary, V. N., & Nuryana, I. K. D. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo dengan Menggunakan Metode Webqual. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2(02), 94-104.
Yulhasmida, Yacob S, Lubis TA. Patients Visiting Intention: a Perspective of Internal and Social Media Marketing in Kambang Jambi Hospital. J Bus Stud Management Rev. 2019;2(2):143-53
Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. (2002). Service Marketing. McGraw Hill Inc, Int’l Edition, New York