Analisis Penggunaan Paylater Untuk Belanja Online Mahasiswa di Surabaya Pada Masa New Normal

Isi Artikel Utama

Muhammad Armando Nur Rizqy Ansar
Rih Prajna Nurfatikha
Ni Putu Septiary Devi Saraswati
Nur Aini Rakhmawati

Abstrak

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Berbagai kemudahan yang ditawarkan e-commerce menarik atensi masyarakat untuk melakukan belanja online. Pertumbuhan e-commerce juga diikuti dengan perkembangan metode pembayaran di e-commerce yang semakin beragam sehingga mempermudah transaksi para penggunanya. Dalam beberapa tahun terakhir, metode pembayaran paylater menarik perhatian masyarakat Indonesia karena kemudahan yang ditawarkannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan survei online untuk mengumpulkan data penelitian. Survei online dilakukan oleh 74 responden dengan kriteria mahasiswa di kota Surabaya yang pernah melakukan belanja online dalam waktu 6 bulan terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembayaran paylater  pada masa new normal kurang diminati oleh mahasiswa. Hal ini terlihat dari  total 74 responden, hanya 16,27% responden yang pernah menggunakan metode pembayaran paylater untuk menyelesaikan transaksi belanja online mereka.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Regular Article
##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Information System, Student

##submission.authorWithAffiliation##

Information System, Student

##submission.authorWithAffiliation##

Information System, Student

##submission.authorWithAffiliation##

Information System, Lecturer

 

Referensi

Andhini. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen pada E-commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 1–23.
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
Case, T., Burns, O., & Dick, G. (2001). Drivers of On-Line Purchasing Among U.S. University Students. Seventh Americas Conference. Information Systems, 7, 873–878.
Helmi, M. S., Arrafiqurrahman, & Maryoni, H. S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Minimarket. Ekonomi & Manajemen Bisnis, 11(2), 87–107.
International Data Corporation. (2021). How Southeast Asia Buys and Pays: Driving New Business Value for Merchants (Issue November). https://go.2c2p.com/wp-content/uploads/2021/11/2C2P-IDC-InfoBrief_AP241267IB_Final_Small.pdf
Julianti, N. L., Nuridja, Made, I., & Meitriana, M. A. (2014). PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOSERBA NUSA PERMAI DI KECAMATAN NUSA PENIDA TAHUN 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4119
Karmawan, I. G. M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Proses Bisnis E-Commerce pada Perusahaan Amazon.Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 748. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2237
Kredivo. (2022). Perilaku konsumen e-commerce indonesia.
Linuwih, H. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PAYLATER.
Nirmalapurie, N. A. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Para Pihak Dalam Penggunaan Fitur PayLater Pada Aplikasi Gojek. Media Iuris, 3(1), 101. https://doi.org/10.20473/mi.v3i1.19161
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50.
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 117–125. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12494
Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Andi.