Analisis Penggunaan Paylater Untuk Belanja Online Mahasiswa di Surabaya Pada Masa New Normal
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Berbagai kemudahan yang ditawarkan e-commerce menarik atensi masyarakat untuk melakukan belanja online. Pertumbuhan e-commerce juga diikuti dengan perkembangan metode pembayaran di e-commerce yang semakin beragam sehingga mempermudah transaksi para penggunanya. Dalam beberapa tahun terakhir, metode pembayaran paylater menarik perhatian masyarakat Indonesia karena kemudahan yang ditawarkannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan survei online untuk mengumpulkan data penelitian. Survei online dilakukan oleh 74 responden dengan kriteria mahasiswa di kota Surabaya yang pernah melakukan belanja online dalam waktu 6 bulan terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembayaran paylater pada masa new normal kurang diminati oleh mahasiswa. Hal ini terlihat dari total 74 responden, hanya 16,27% responden yang pernah menggunakan metode pembayaran paylater untuk menyelesaikan transaksi belanja online mereka.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
Case, T., Burns, O., & Dick, G. (2001). Drivers of On-Line Purchasing Among U.S. University Students. Seventh Americas Conference. Information Systems, 7, 873–878.
Helmi, M. S., Arrafiqurrahman, & Maryoni, H. S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Minimarket. Ekonomi & Manajemen Bisnis, 11(2), 87–107.
International Data Corporation. (2021). How Southeast Asia Buys and Pays: Driving New Business Value for Merchants (Issue November). https://go.2c2p.com/wp-content/uploads/2021/11/2C2P-IDC-InfoBrief_AP241267IB_Final_Small.pdf
Julianti, N. L., Nuridja, Made, I., & Meitriana, M. A. (2014). PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOSERBA NUSA PERMAI DI KECAMATAN NUSA PENIDA TAHUN 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4119
Karmawan, I. G. M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Proses Bisnis E-Commerce pada Perusahaan Amazon.Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 748. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2237
Kredivo. (2022). Perilaku konsumen e-commerce indonesia.
Linuwih, H. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PAYLATER.
Nirmalapurie, N. A. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Para Pihak Dalam Penggunaan Fitur PayLater Pada Aplikasi Gojek. Media Iuris, 3(1), 101. https://doi.org/10.20473/mi.v3i1.19161
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50.
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 117–125. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12494
Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Andi.