Rancang Bangun Tsunami Pods Sebagai Tempat Evakuasi Sementara (TES) Untuk Mewujudkan Wilayah Tangguh Bencana

Main Article Content

Mirza Ghulam Rifqi
M. Shofi’ul Amin
Enes Ariyanto Sandi

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada pada pertemuan 3 lempeng besar dunia, yaitu lempeng indo-australia, lempeng eurasia dan lempeng pasifik. Selain pergerakan lempeng bumi, aktivitas gunung berapi juga menjadi penyebab bencana gempa bumi. Hal-hal tersebut menjadikan sebagian wilayah Indonesia sebagai wilayah rawan gempa dan tsunami. Dalam kejadian tsunami, jatuhnya korban dikarenakan terlambat menyelamatkan diri yang disebabkan terlambatnya early warning yang diinformasikan pihak terkait dan ketersediaan infrastruktur Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang minim.


Rancang bangun dimulai dari penentuan desain dan bentuk awal tsunami pods. Rancangan bentuk awal pods adalah persegi panjang dengan akses masuk diletakkan di atap pods. Selanjutnya adalah dengan melakukan penentuan material yang digunakan sebagai rangka utama dan penutup atau dinding tsunami pods. Evaluasi kekuatan struktur dari kombinasi material dan kombinasi beban dilakukan dengan menganalisis pembebanan dan struktur serta pemodelan konstruksi tsunami pods menggunakan software bantu.


Berdasarkan hasil analisis struktur, konstruksi struktur tsunami pods dimodelkan dengan menggunakan material struktur menggunakan baja WF 250.125.6.9 sebagai rangka utama dan baja UNP 100.50.5 sebagai bracing dan pelat baja corrugated SS 400 t.6 mm untuk dinding dan atap, tebal 12 mm untuk deck lantai. Hasil analisis menyatakan, rangka dan pelat yang digunakan mampu menahan beban rencana dan desain pods mampu menampung 24 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rifqi, M. G., Amin, M. S., & Sandi, E. A. (2019). Rancang Bangun Tsunami Pods Sebagai Tempat Evakuasi Sementara (TES) Untuk Mewujudkan Wilayah Tangguh Bencana. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 21(2), 74-82. https://doi.org/10.35313/potensi.v21i2.1670
Section
Articles
Author Biography

Mirza Ghulam Rifqi, Politeknik Negeri Banyuwangi

Civil Engineering