Analisis Promo E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Main Article Content

Belva Rizki Mufidah
Farah Helga Az-Zahra
Raysa Farah Mumtaz Ramadina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi yang diberikan penyedia layanan e-wallet pada mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember terhadap perilaku konsumtif serta faktor pemicu munculnya perilaku tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah metode kuantitatif yang datanya didapatkan dari survei online. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah sebanyak 65 responden dari seluruh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online yaitu dengan menggunakan g-form. Analisis data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas lalu digunakan metode analisis deksriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa mahasiswa Institut Teknologi memiliki kecenderungan perilaku konsumtif yang disebabkan oleh adanya promosi yang ditawarkan e-wallet. Penggunaan promosi juga diakibatkan oleh faktor-faktor seperti promosi, iklan, dan anutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mufidah, B. R., Az-Zahra, F. H., Ramadina, R. F. M., & Rakhmawati, N. A. (2023). Analisis Promo E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 78-87. https://doi.org/10.35313/jrbi.v9i2.4715
Section
Regular Article

References

Ansar, M. A. N. R., Saraswati, N. P. S. D., Nurfatikha, R. P., & Rakhmawati, N. A. (2022). Analisis Penggunaan Paylater Untuk Belanja Online Mahasiswa di Surabaya pada Masa New Normal. 8(3), 1–11.
Kadence International. (2021). Digital Payment and Financial Services Usage and Behavior in Indonesia. PT Kadence International, August.
Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research. Harcourt College Publishers.
Manurung, W. S. R., Rahmani, N. A. B., & Aslami, N. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumtif, Pemberian Reward, Redibilitas Platform Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Transaksi E-Commerce Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara). 3(1), 1–14.
Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik di SMK Negeri 8 Makassar). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan, 12–26.
Mujahidin, A. (2020). Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513
Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. Emik, 3(2), 189–205. https://doi.org/10.46918/emik.v3i2.697
Oktary, D., & Wardhani, P. I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STIE Indonesia Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11, 91–98.
Prawira, M. F. A., Susanto, E., Goeltom, A. D. L., & Furqon, C. (2022). Developing Cashless Tourism from a Tourist Perspective: The Role of TAM and AMO Theory. Journal of Environmental Management and Tourism, 13(8), 2104–2112. https://doi.org/10.14505/jemt.v13.8(64).03
Ramadhanty, V. D., Indra Permana, R., Rida, B., Fauzia, S., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya. 8(1), 312–322.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.
Susanto, E., Hendrayati, H., Rahtomo, R. W., & Prawira, M. F. A. (2022). Adoption of Digital Payments for Travelers at Tourism Destinations. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 11(2), 741–753.

Most read articles by the same author(s)