Pengaruh Margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Murabahah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Anggota Melakukan Pembiayaan Murabahah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan murabahah yang berjumlah 90 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial margin dan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah. Margin dengan tingkat signifikasi -0,575 Sedangkan variabel lokasi -1,654. Secara simultan margin dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikansi Fhitung < Ftabel yaitu 1,590 < lebih 3,14. Besarnya pengaruh variabel margin dan lokasi terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah sebesar 0,49% Sedangkan sisanya 99,51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Al-Arif, N. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Alviani, E. N. (2018). Pengaruh Tingkat Margin Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nas abah Pada Pembiayaan Murabahah Studi Kasus BPRS Metro Madani Metro. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri IAIN Metro
Anggadini, S. D. (2018). Penerapan Margin Pembiayaan Murabahah Pada BMT As-salam Pacet Cianjur. Jurnal Ilmiah Unikom. 9 (2).
Antonio, M. S. (2016). Bank Syariah Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi. Ekonomi. dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Diponegoro.
Dini, S. D. A. (2013). Penerapan Margin Pembiayaan Murabahah Pada BMT As-Salam Pacet-Cianjur. Majalah Ilmiah Unikom, 9 (2).
Kamal, A. H. & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Lokasi. Pelayanan. dan Prosedur Pencairan Pembiayaan terhadap Keputusan Anggota Koperasi Mengambi PembiayaanStudi Kasus Koperasi Simpan Pinjam Syariah KUM3 Al. Jurnal Iqtisad, 5 (1) .
Karim, A. A. (2004). Bank Islam Analisis Fiqh Keuangan. Edisi Kelima Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Maisaroh, S. (2017). Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Studi Kasus BMT Surya Barokah Kertapati Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Maja, O. Y. & Sudibia, I K. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Sebagai Pengepul Squin Secara Putting Out. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1 (1).
Muhamad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif Dilengkapi dengan Contoh-contoh Aplikasi. Proposal Penelitian dan Laporannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Mustofa, I. Fiqih Muamalah Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi. Tesis. Disertasi. dan Karya Ilmiah.. Jakarta: Kencana.
Prasetijo, R. (2005). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Rahmawati, F. A. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Margin pada Pembiayaan Murabahah di BMT Se-Kabpaten Jepara. Jurnal EQUILIBRIUM, 3 (2).
Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil. Yogyakarta: UII Pres.
Ridwansyah. (2016). Mengenal Istilah-istilah Dalam Perbankan Syari’ah. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
Rivai, V. & Veiithzal, A. P. (2008). Islamic Financial Management. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sa’adah, V. A. (2015). Pengaruh Penetapan Harga Margin dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pembiayaan Murabahah Pada Anggota BMT Agritama Blitar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung.
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
-------. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
-------. (2016). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.