Proposisi Nilai Produk dan Layanan di Atraksi Agrowisata Studi Kasus Perkebunan Teh Rancabali

Isi Artikel Utama

Abyan Mirza
Tomy Andrianto

Abstrak

Hanya sedikit penelitian yang mengeksplorasi proposisi nilai produk dan layanan agrowisata, khususnya di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada pemahaman bagaimana peta nilai mendefinisikan pelanggan di Perkebunan Teh Rancabali sebagai studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pihak manajemen dan pengunjung yang pernah berkunjung ke Perkebunan Teh Rancabali. Hasil penelitian ini menyoroti pilihan paket menawan dan layanan terbaik yang memenuhi semua kebutuhan wisatawan, memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun fasilitas umum yang kurang memadai, kondisi jalan kebun teh yang kecil, dan seringnya terjadi kemacetan dapat menjadi tantangan bagi kepuasan pelanggan. Menariknya, pengunjung tidak melihat aspek edukasi terkait perkebunan teh sebagai alasan utama mereka datang. Dengan demikian, penelitian ini berperan penting dalam membantu pengelola Perkebunan Teh Rancabali dalam meningkatkan value proposition mereka untuk menarik lebih banyak wisatawan, meningkatkan kepuasan pengunjung, dan membangun reputasi yang baik di industri agrowisata.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Regular Article

Referensi

Basyir, M., & Mayasari. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Berlibur Di Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 199–213.
Monica, C., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). PENGEMBANGAN PROPOSISI NILAI PELANGGAN LIBRERIA EATERY. 6(2), 1–8.
Muttaqin, zainal. (2015). Belajar Ilmu Pariwisata. https://www.academia.edu/35907585/BELAJAR_ILMU_PARIWISATA
Octaviany, V. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI BALE SENI BARLI-KOTA BARU PARAHYANGAN THE EFFECT OF TOURISM QUALITY PRODUCT TOWARDS DECISION TO VISIT BALE SENI BARLI-KOTA. 1, 184–195.
Osterwalder, A. (2014). Value proposition design : how to create products and services customers want : get started with. How to Create Products and Services Customers Want, 290.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2015). Value proposition design: How to create products and services customers want.
Rimbawati, Yasa, S. T., Yusri, M., & Siregar, Z. (2021). Analisis Finansial Kawasan Zagro Jemah Agritourism Education Center Desa Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara.
Saepudin, E., Budiono, A., & Rohman, A. S. (2016). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Wisata Agro di Kabupaten Bandung Barat. Edulib, 6(2), 154–168. file:///C:/Users/Perpustakaan/Downloads/Edulib/Vol 6 No 2 - 2016/5027-10126-1-PB.pdf
Saputra, T. A., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). IMPLEMENTASI DESIGN THINKING DALAM MEMBANGUN INOVASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN PERCETAKAN. 2008, 833–844.
Sidipurwanty, E. (2016). Pengendalian Alih Guna Tanah Sawah ke Nonpertanian Di Kabupaten Bandung, Jawa Barat Melalui Peraturan Desa. Jurnal Masyarakat & Budaya, 18(3), 387–414.
Winata, I. G. K. A., Prastiwi, N. L. P. E. Y., & Sanjaya, N. M. W. S. (2018). Tourism Experience Design dan Penciptaan Nilai Pelanggan Pada Pariwisata di Bali. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(1), 10–27.
Yeremia, A., Sondang, Y., Ssi, K., Pemasaran, J. M., & Petra, U. K. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. 1(2), 1–8