Peran Pemasaran Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro dan Kecil di Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Pemasaran wirausaha adalah pemasaran dari mulut ke mulut yang biasanya dilakukan oleh pemilik secara pribadi tetapi informal. Pemasaran dari mulut ke mulut dilakukan langsung oleh pemilik bisnis untuk menemukan pelanggan secara langsung dan membangun hubungan interpersonal dengan pelanggan. Pemasaran kewirausahaan dilakukan oleh pelaku bisnis usaha mikro dan kecil di Kota Bandung karena keterbatasan dana pemasaran dan modal usaha yang terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pemasaran kewirausahaan terhadap daya saing usaha. Sampel dalam penelitian ini adalah 170 responden yang disebarkan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pemasaran wirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya saing. Nilai positif (0,283) yang terkandung dalam koefisien regresi menggambarkan bahwa arah pengaruh variabel pemasaran kewirausahaan terhadap daya saing adalah searah, setiap penambahan satu unit variabel pemasaran kewirausahaan akan meningkatkan nilai variabel daya saing sebesar 0,283.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Cohen, L, Manion, L, & Marrrison, K. (2017). Research Methods in Education. New York : Routledge
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2008). Usaha Kecil dan Menengah. www.depkop.go.id
Dhewanto, W. (2014). Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Fitriati, F. (2015). Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Hadiyati, E. (2009). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11 (2), 183-192.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama
Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Lina. (2017). Analisis Pengaruh Pemasaran Kewirausahaan Terhadap Daya Saing Industri Kerupuk Kemplang Di Palembang (Studi Kasus Pembuatan Kerupuk Kemplang Di Kelurahan 23 Ilir Palembang). Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain. ISBN :978-602-74634-1-7
PERDA NO. 2. (2009). Rencana Pembangunan Jangka Menengah kota Bandung. http://www.bphn.go.id/data/documents/09pdkotabandung009.pdf
Schindehutte, Morris, M.H, & LaForge, R.W. 2002. Entrepreneurial marketing: a construct for integrating emerging entrepreneurship and marketing perspectives. Journal of Marketing Theory and Practice, 10 (4), 1-19.
Septiani, S, Sarma, M, & Limbong,W.H. 2013. Pengaruh Entrepreneurial Marketing Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Daya Saing Industri Alas Kaki di Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 4 (2).
Pikiran Rakyat Online. (2016). Ini Alasan UMKM JABAR sulit maju. http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2016/05/11/ini-alasan-umkm-jabar-sulit-maju-368842 [Diakses 18 Februari 2018]
Stokes, D. (2000). Putting Entrepreneurship into Marketing: The Processes of Entrepreneurial Marketing. Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship, 2 (1).
Stokes, D. (2000). Entrepreneurial Marketing: A Conceptualisation from Qualitative Research. Qualitative Market Research, 3 (1), 47-54.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tyas, A & Safitri, V. (2014). Penguatan Sektor UMKM sebagai Strategi Menghadapi MEA 2015. Jurnal Ekonomi, 5 (1).
Undang-Undang No. 2 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008). www.bi.go.id/id/tentangbi/uubi/Documents/UUTahun2008UMKM.pdf [Diakses 15 Maret 2018]